Sabtu, 21 Januari 2012

khasiat buah sirsak

Apakah anda mengenal buah sirsak? Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Hanya saja banyak yang belum menyadari manfaat buah sirsak.Buahnya sering digunakan untuk jus dan bisa juga langsung di makan. Rasanya yang khas, manis – manis asem, anda pasti suka. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat sekarang daunnya juga digunakan orang untuk pengobatan kanker.

Sirsak (Anona muricata Linn) adalah kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman ini dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda, zuurzak. Zuur berarti asam, dan zak berarti kantong. Jadi, secara harfiah zuurzak dapat diartikan sebagai kantong yang rasanya asam. Di Malaysia, sirsak disebut durian belanda (Dutch durian). Sedangkan di Indonesia biasa disebut nangka belanda, nangka landa, atau nangka seberang.Dalam bahasa Inggris, buah sirsak dikenal dengan istilah soursop karena rasanya yang manis keasaman. Begitu juga dengan manfaat buah sirsak sendiri.

Sirsak memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, diantaranya karbohidrat, fruktosa, berbagai macam vitamin dan asam askorbat. Jadi jangan heran jika manfaat buah sirsak dalam kesehatan sangatlah besar. Berikut beberapa manfaat buah sirsak :

1.Buah sirsak memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Sangat baik untuk membentuk tulang yang kuat dan untuk mencegah osteoporosis.

2.Buat penderita asam urat, sebaiknya meminum jus sirsak dua gelas sehari.

3.Dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat penuaan. Konsumsilah buah sirsak setiap hari,di dalam sirsak terdapat 13 % kebutuhan serat pangan yang dibutuhkan tubuh, ini karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

4.Dapat melumpuhkan sel kanker. Daun sirsak mengandung zat annonaceuos actogenins yang dapat membunuh kanker usus,prostat,payudara, paru – paru dan pancreas tanpa merusak sel yang sehat. Caranya anda rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, biarkan air tinggal satu gelas,diminum setiap pagi dan sore hari.

5.Kandungan fruktosanya bisa membuat anda tetap segar, dan bisa mengalirkan energy. Ini karena fruktosa adalah gula sederhana (monosakarida) yang banyak terdapat dalam buah. Ini bisa jadi sumber karbohidrat alami yang baik untuk tubuh.

6.Dapat mengobati bisul. Gunakan daun sirsak yang masih muda,tumbuk sampai halus ,kemudian letakkan ditempat yang terkena bisul.

Dari beberapa manfaat yang mungkin disebut diatas, namun yang paling terkenal bahwa buah ini bisa memberantas Kanker. Baik dari buah, daun juga cabang atau rantingnya. Kanker yang bisa diberantas dengan buah ini termasuk segala jenis Kanker. Buahnya juga tidak susah didapat dan tersebar di berbagai pasar.

Bahkan pernah saya baca dalam sebuah artikel bahwa dari sebuah penelitian, semua jenis obat yang digunakan membunuh atau mencegah atau mengobati kanker berasal dari buah ini. Ya, itulah buah sirsak yang telah menyebar di Pasar-pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar