Sabtu, 14 Januari 2012

AC Mobil dan Komponen AC

 AC Mobil dan Komponen AC

AC mobil terdiri dari beberapa komponen dan yang memegang peranan penting adalah sbb:
1.Compressor
2.Condensor
3.Evapurator
4.Drier/Silica
5.Expansion
6.Extrafan
7.Fan Belt
8.Blower
9.Magnet Clutch

Mari kita bahas satu persatu mulai dari fungsi dan mekanisme kerja dari masing-masing komponen tersebut.

1.COMPRESSOR
Compressor merupakan komponen dari AC mobil yang dari segi harga merupakan yang termahal. Dalam mekanisme kerjanya compressor adalah berfungsi untuk mengcompres freon sebelum dialirkan ke dalam condensor melalui selang panas. Compresor pun terdiri dari beberapa type,ada yang sanden,denso maupun rotari. Dari ketiga type tersebut yang lebih bagus dan disukai di pasaran adalah denso, akan tetapi tidak juga semua mobil memakai compressor denso, ada juga yang bawaan dari mobil seperti sanden maupun rotari .

2.CONDENSOR
Condensor terletak didepan radiator dan berfungsi merubah panas menjadi dingin dengan cara membuang uap panas ke udara sekitar mesin. Adapun condensor terdiri dari type R12 dan R134 . Dalam perkembangannya diatas tahun 2005, kebanyakan condensor mobil sudah berikut tabung drier/silica .

3.EVAPURATOR
Evapurator dalam bahasa orang awam ada yang mnyebutnya sarang tawon karena kisi-kisinya yang mirip tempat lebah/tawon bersarang, ada juga yang menyebutnya cooling coil. Dalam rangkaian komponen AC mobil neh evapurator berfungsi sebagai pengubah freon menjadi beku es.

4.DRIER/SILICA
Dewasa ini yang teknologi semakin canggih yang juga dalam penerapan terhadap teknologi mobil saat ini sudah banyak drier yang dibuat menyatu dengan condensor, sehingga hanya berbentuk silica saja. Adapun fungsi dari dari Drier/Silica ini adalah untuk menyaring cairan dan kotoran.

5.EXPANSION
Sering juga disebut spuyer dan dalam rangkaian komponen AC mobill neh expansi berfungsi untuk mengubah freon yang dari cairan menjadi embun dingin. Adapun expansion atau expansi terdiri dari dua type yaitu kapiler dan kotak, terkecuali expansi mobil Volvo dan Opel Blazer memakai expansi yang khusus. Dari type kapiler maupun kotak juga masih dibedakan antara R12 dan R134 dan juga disesuaikan bawaan mobil, kebanyakan expansi bisa dipakaikan lebih dari satu jenis mobil, namun juga banyak jenis mobil yang harus memakai expansi khusus.

6.EXTRAFAN
Berfungsi sebagai pendingin condensor, sehingga jika extrafan macet maka dingin AC mobil juga akan berpengaruh dan jika panas berlebihan akan bisa menyebabkan compressor bermasalah. Extrafan ada dua yaitu untuk mesin ataupun radiator dan untuk AC.

7.FANBELT
Sering juga disebut tali kipas dan berfungsi untuk memutarkan compressor, jika sudah aus maka bisa menimbulkan bunyi menderit di mobil.

8.BLOWER
Terdiri dari kipas dan motor yang berfungsi untuk mengipas es beku dari evapurator, sehingga akan terjadi hawa dingin yang kita rasa dalam mobil.

9.MAGNET CLUTCH
Dalam rangkaian komponen AC mobil adalah termasuk bagian elektrik yang berfungsi mengatur kerja otomatis kerja compressor. Magnet Clutch itu terdiri dari beberapa bagian yang digabung menjadi satu yaitu pully, magnet, center pish dan bearing. Jika sebuah magnet clutch rusak atau hilang fungsi maka ccompressor tidak akan bekerja dan akan kehilangan daya compres dan akibatnya AC mobil akan tidak berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar